Trik Membangun Denah Rumah Sederhana Dengan Budget Minim

Berada pada Kategori Denah, Tips

Siapa bilang rumah sederhana adalah rumah yang kesannya biasa-biasa saja, tak memiliki nila estetika, tak bisa modern dan elegan. Meskipun anggapan ini muncul, tetapi tak pernah mematahkan kreatifitas para arsitek. Namun, tanpa jasa arsitek juga bisa diakukan oleh calon pemilik rumah.

 

Dengan cara apa? Dengan cara merancang denah rumah sederhana. Rumah, akan terlihat tertata rapi apabila memiliki denah yang sesuai dengan beberapa faktor. Faktor tersebut diantaranya adalah luas lahan yang tersedia, anggaran yang dimiliki, dan pertimbangan furniture yang akan digunakan.

 

Meskipun pemerintah sudah memberikan fasilitas KPR, namun nyatanya bagi orang yang berpenghasilan pas-pasan sangat susah untuk mendapatkannya. Nah, maka dari itu, sebagai jalan pintas, kebanyakan orang memilih untuk membangun rumah atas hasil kerja kerasnya sendiri.

 

Denah Rumah Sederhana Yang Didambakan

 

Namun di masa kini, untuk mendapatkan lahan yang luas untuk nantinya dibangun rumah, itu sangatlah susah. Apabila ana sudah menemukan lahannya, pasti ada beberapa kekurangan. Dintaranya adalah harganya yang selangit, belum nanti harga bahan-bahan materialnya, dan mungkin letak lahan sangat sulit dijangkau dari kota-kota.

 

Padahal anda bekerja di perkotaan. Nah, untuk menyiasati hal ini, maka kita diwajibkan untuk berfikir kritis. Untuk rumah sederhana, sebaiknya menggunakan furniture yang ukurannya kecil. Sebab, rumah sederhana juga perlu space. Furniture juga sebaiknya yang hanya diperlukan saja. Seperti meja, sofa, kursi, rak, lemari, tv, dan lain-lain.

 

Nah, untuk pembagian ruangannya, sebaiknya juga yang hanya diperlukan saja. Seperti ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Untuk ruang keluarga dan ruang makan, sebaiknya dihindari. Ini hanya akan memakan tempat saja. Namun lagi-lagi, hal ini sudah dilaksanakan, tetapi masih ada yang kurang klop. Nah apakah itu? Artikel berikut akan memberikan trik mengenai cara membuat denah rumah sederhana yang sesuai dengan apa yang anda impikan.

 

Pemilihan Bahan Material Yang Berkualitas

Harga bahan material yang mahal, tak selamanya menjamin kualitas dari apa yang ditawarkan. Dan, untuk mendapatkan kualitas bahan material yang baik, tak selamanya membutuhkan dana yang cukup menguras dompet. Buktinya bahan material local bisa anda gunakan sebagai bahan untuk membangun rumah impian anda. Misalnya, anda bisa menggunakan batako teras untuk mengganti fungsi bata merah. Daya tahan dan fungsinya hampir sama, namun harganya yang lebih murah sehingga tak menguras dompet anda.

 

Selain itu, anda bisa menggunakan beton kolom atau sloof yang harganya lebih murah. Contohnya saja, anda bisa menggunakan besi bekas sebagai kerangkanya. Jangan berpikiran yang negatif dulu terhadap besi bekas. Meskipun besi bekas, namun jika bisa di daur ulang dengan bebarapa cara, maka besi bekas juga dapat berfungsi secara optimal.

 

Anda tidak perlu bingung untuk mencari besi bekas. Anda hanya tinggal pergi ke bengkel las, dan membelinya. Dijamin harganya lebih murah. Langkah berikutnya, anda bisa meminta kepada toko bangunan untuk membuat kerangka beton denah rumah. Dengan begitu, tugas tukang bangunan hanya tinggal memasang kerangkanya saja.

 

Perlu anda ketahui, rangka besi yang dijual di toko bangunan tidaklah selalu bagus. Walaupun besinya baru, namun ukurannya kecil. Kemudian, untuk rangka atap anda bisa menggunakan kayu lokal yang daya tahannya ampuh untuk nantinya dijadikan sebagai kaso atau reng.

 

Untuk kusennya, anda tak perlu menggunakan yang harganya mahal dan ukurannya besar. Cukup yang ukurannya standard an harganya murah, namun berkualitas. Dan bisa diberi sedikit ukiran untuk mempercantik tampilan. Untuk keramiknya, anda bisa menggunakan warna putih atau krem. Namun motifnya tidak terkesan biasa-biasa saja.

 

Denah Rumah Sederhana Yang DisukaiSistem Kerja Tukang Dan Kuli

Membayar gaji tukang/kuli mungkin menjadi hal yang perlu dipertimbangkan secara dua kali oleh anda. Benarkan? Apalagi akhir-akhir ini, tukang/kuli ingin dibayar dengan upah yang mahal. Namun, ada triknya. Untuk rumah sederhana yang memiliki 2 kamar tidur, sebaiknya menggunakan 2 tenaga. Dengan detail satu orang berperan sebagai tukang/kenek dan yang satunya lagi sebagai kulinya.

 

Usahkan, anda menggunakan jasa tukang yang berpengalaman dan bisa dalam segala hal. Supaya nantinya anda tak menyesal. Namun, apabila anda sudah memperkejakan namun hasilnya tak memuaskan, sebaiknya perlu diganti dengan yang lebih baik lagi. Untuk pemberian upah, sebaiknya dilaksanakan setiap mingguan saja.

 

Sebab, untuk upah harian dan upah bulanan dirasa kurang efektif dan lekas menguras dompet. Tentunya anda tak mengingkan hal ini terjadi bukan? Nah, meski pengerjaannya terkesan lama, namun jika rumah sudah siap dihuni, pastinya anda akan merasa bangga.

 

Sekiranya cukup sekian informasi mengenai denah rumah sederhana yang dapat kami sampaikan untuk kesempatan kali ini, informasi yang menarik ini dapat selalu anda temuka disini di website rumah modern terbaik yang selalu memberikan informasi yang menarik mengenai desain rumah seperti halnya Denah Rumah Minimalis 2 Lantai, sehingga dapat menginspirasi anda selalu.

Kumpulan Galeri dari Trik Membangun Denah Rumah Sederhana Dengan Budget Minim

Trik Membangun Denah Rumah Sederhana Dengan Budget Minim | Mayasari | 4.5